Latest News

Tips Desain Rumah Minimalis Dengan Baik

Tips Desain Rumah Minimalis – Seringkali kita bincangkan dengan orang-orang yang ada di sekitar kita mengenai tentang rumah minimalis. Mengenai bagaimana cara untuk membangunnya dan seperti apa desain yang akan digunakan. Hal inilah yang tentu saja sudah tidak asing lagi di telinga kita. Namun, dalam mendesain rumah tentunya memerlukan referensi sehingga nantinya Anda akan mengetahui bagaimana cara untuk desain yang Anda lakukan dan apa saja yang Anda butuhkan akan jelas. Oleh sebab itu, pada kesempatan ini Rumah C27 akan berbagi tips kepada Anda untuk mendesain rumah bergaya minimalis yang tentunya ini akan sangat menarik sekali untuk Anda gunakan sebagai pendesain rumah Anda nantinya.

Tips Desain Rumah Minimalis Dengan Baik

Mengingat lahan yang kini semakin terbatas membuat rumah yang berukuran semakin kecil atau seringkali kita sebut dengan rumah minimalis, kini menjadi kian diminati masyarakat. Pada saat ini, rumah minimalis sederhana sudah semakin banyak diminati oleh masyarakat. Akan tetapi, bukan berarti rumah yang berukuran kecil tidak nyaman untuk dihuni. Banyak tips desain rumah minimalis yang dapat Anda tiru dengan baik, agar rumah mnimalis Anda membawa kenyamanan.

Kebanyakan orang berangan-angan rumah minimalis tapi rasa mewah yang besar. Seringkali rumah tersebut dirancang secara berlebihan dengan berbagai gaya, kombinasi warna, furniture, pilihan detail dan lain sebagainya. Namun, kebanyakan orang hanya mampu membeli satu rumah saja dalam seumur hidup mereka sehingga biasanya mereka akan terus berupaya semaksimal mungkin untuk memperoleh segala sesuatu yang mereka idam-idamkan. Tanpa mereka sadari justru akan menciptakan kekacauan dan hasil akhir yang tidak diinginkan. Berikut dibawah ini adalah Tips desain rumah minimalis:


1.Maksimalkan ruang yang tersedia
Rumah yang sudah sempit jangan dibuat semakin sempit dengan menempatkan barang-barang yang tidak perlu di dalamnya. Hal ini juga yang harus Anda perhatikan untuk menjaga rumah minimalis ialah jangan terlalu banyak meletakkan perabotan di lantai rumah. Anda dapat mencoba untuk menggunakan rak dinding untuk dapat menyimpan buku ketimbang meja atau rak televisi yang menempel di dinding ketimbang telivisi set model lama yang memakan ruang di rumah Anda.

2.Hindari pembatas ruangan yang berlebihan
Pastinya dalam membuat pembatas ruangan sebelumnya sudah harus dipikirkan benar-benar ketika akan membentuk konsep desain rumah minimalis. Yang perlu diingat bahwa pembatas ruangan jika dipasang secara berlebihan akan membuat rumah Anda menjadi lebih sempit. Cara untuk menyiasati itu, beberapa ruangan dapat dijadikan satu tanpa menggunakan sekat dinding dan digantikan dengan perabotan yang fungsinya itu masih sama, yaitu menjadi pembatas. Misalnya, sebuah rak sederhana yang memiliki keunikan telah memberikan fungsi kedua sebagai pembatas.

3.Menggunakan warna yang tepat
Pilihlah warna cat ruangan dengan warna putih atau warna-warna yang lebih terang, sebab akan memberikan kesan yang luas dan lapang. Jangan mengkombinasi terlalu banyak warna karena akan membuat ruangan terkesan ramai dan sempit. Misalnya Anda kombinasikan warna putih, abu-abu terangdan aksen kayu yang sedang tren pada saat ini. mendesain rumah dengan menggunakan warna-warna yang sederhana dan terang mungkin bisa Anda coba lakukan dirumah minimalis Anda, jika ingin merenovasi ruangan atau jika sekarang ini Anda sedang membeli hunian baru.

4.Gunakan Cermin
Menggunakan cermin dengan ukuran yang semakin besar justru lebih baik. Kenapa begitu? Cermin itu memiliki sifat memantulkan bayangan yang akan membantu untuk menciptaka ilusi optik yang membuat ruangan seolah-olah bertamabah besar. Hal ini akan sangat bermanfaat sekali untuk rumah minimalis Anda, sebab seolah-olah akan menambah ruangan baru di dalam rumah Anda.

5.Beli perlengkapan rumah tangga yang unik
‘Zaman now’ sudah banyak tersedia berbagai macam jenis perabotan yang lucu dan unik, baik itu dari segi desain maupun warna. Sebuah rumah minimalis tetap saja harus memiliki konsep perabotan atau pajangan yang memiliki bentuk yang sederhana, tetapi unik dan lucu.

6.Pencahayaan dan sirkulasi udara yang baik
Jika rumah minimalis Anda itu menghadap ke arah terbitnya matahari, hal itu akan sangat bagus sebab Anda bisa mendapatkan menfaat  besar dari sinar matahari pagi. Selain sinar matahari pagi bagus untuk kesehatan, hal itu juga bisa mengurangi kelembaban yang ada di ruangan dalam rumah. Jendela yang lebar dapat Anda gunakan untuk memperoleh manfaat yang lebih optimal. Selain itu juga, pengupayaan penggunaan penerangan dalam rumah juga harus diupayakan agar tidak terlihat kusam dan suram. Gunakanlah penerangan yang sesuai dengan kebutuhan, sehingga ruangan yang akan terasa lebih lega dari yang seblumnya.

Pastikan juga bahwa sirkulasi udara dapat berfungsi dengan baik, hal itu untuk dapat menghindarkan rumah Anda dari kondisi yang pengap. Dengan cara memaksimalkan penggunaan ventilasi udara, Anda juga dapat menghemat penggunaan pendingin udara.

7.Objek pengalih perhatian
Meletakkan sebuah lukisan yang besar dengan gambar yang menarik akan menjadi fokus utama tamu ketika pertama kali memasuki rumah. Selain rumah akan lebih menarik dipandang, hal ini juga dapat mengalihkan perhatian tamu dari kondisi rumah Anda yang sempit dan mnimalis. Perlu diingat, jangan sampai menggunakan perabot besar untuk dilatakkan di lantai, karena dapat memakan banyak tempat dari ruangan Anda.

8.Kondisikan Rumah selalu dalam keadaan bersih
Sama halnya dengan penjelasan diatas, hindarilah penggunaan barang-barang yang tindak penting untuk berada di dalam rumah. Sebab jika rumah terlalu menumpuk barang-barang justru akan menimbulkan kesan yang ruwet sehingga akan membuat Anda merasa bosan dan stress. Buatlah kondisi yang sedemikian rupa agar dapat memberikan kemudahan Anda dalam membersihkan rumah. Rumah yang bersih dan rapih akan membuat perasaan senang dan menghindarkan diri dari stress. Kemudian, untuk barang-barang kebersihan seperti sapu, kain pel, vacuum cleaner, sabun dan lain sebagainya dapat juga Anda buatkan lemari khusus penyimpanan sehingga ruangan Anda tetap tertata rapi.

9.Desain tangga seramping mungkin
Jika Anda ingin menambah ruangan dilantai dua rumah minimalis Anda, buatlah tangga seramping mungkin. Karena hal ini akan sangat berguna sekali untuk menghemat ruang yang ada di rumah Anda. Disarankan untuk meletakkan tangga di ujung, buatlah seramping mungkin. Hal inilah yang sangat berguna dalam menghemat ruang yang ada di rumah minimalis Anda. Disarankan meletakkan tangganya itu di ujung sehingga tidak mengganggu pemandangan dan menghasikan tempat di ruang utama.

Selain itu juga, Anda dapat mendesain tangga dengan arah yang bervariasi dan tidak harus lurus. Ini dapat dilakukan untuk menghemat ruang, sebab tangga yang lurus itu relatif akan lebih menghabiskan banyak tempat, baik itu di lantai bawah maupun di atasnya. Pilihan tangga yang berbentuk huruf L atau melimgkar dapat mnjadi pilihan yang cocok sekali untuk Anda.

0 Response to "Tips Desain Rumah Minimalis Dengan Baik"