Latest News

Tips Membeli Rumah Agar Tidak Tertipu

Tips Membeli Rumah – Memiliki Rumah adalah suatu impian hampir semua oranag. Tidak peduli sekecil dan sesederhana apapun rumahnya. Rumah tetap saja menjadi sebuah impian besar dan harapan besar dapat terwujud. Khususnya bagi Anda yang sudah memiliki keluarga. Tetapi tidak menjadi masalah bagi Anda yang belum berkeluarga memiliki rumah, membeli rumah dapat dijadikan sebagai salah satu invetasi. Namun sayang sekali, tidak semua keluarga itu dapat memiliki rumah pribadinya sendiri. Banyak alasan-alasan yang mendasari hal itu. Salah satunya adalah hidup pas-pasan dan tidak memiliki cukup dana untuk membeli rumah. Apalagi tiap tahunnya harga rumah semakin bertambah tinggi dan pertumbuhannya lebih cepat daripada pertumbuhan gaji.


Olah karena itu, jika Anda sudah memiliki cukup uang untuk bisa membeli rumah, maupun hanya sekedar membayar uang muka, jangan menunda kembali untuk mengambil kredit rumah. Tapi harus tetap hati-hati, tidak sedikit orang yang harus menunda mimpinya itu karena telah terkena tipu oleh para pengembang nakal. Banyak juga oknum yang tidak bertanggunga jawab hanya mengambil keuntungan dan kesenagan pribadinya, dengan menipu para korbannya. Jadi, sebelum Anda membeli rumah ketahui dahulu tips membeli rumah.

Tips membeli rumah menjadi satu hal yang sangat penting sekali sebelum membeli rumah, baik bekas atau baru agar tidak tertipu. Sebelum Anda membeli rumah harus banyak pertimbangan sebelum melakukan eksekusi akhir dengan melakukan prosesi pembelian terhadap rumah tinggal yang diminati. Banyak indikasi yang harus diperhatikan sebelum membeli rumah karena banyak faktor yang akan membuat Anda kerepotan di buatnya. Dan berikut ini tips membeli rumah agar tidak tertipu.

1.Sadarlah Harga Rumah Tiap Tahun Naik
Jangan menunggu hingga Anda bisa membeli rumah yang mewah. Sadarlah bahwa harga rumah itu pada tiap tahunnya selalu terjadi kenaikan harga jadi Anda dapat terlebih dulu berinvestasi denga tipe yang paling sederhana. Jangan terlalu nafsu untuk membeli rumah mewah dengan harga yang mahal karena kenyataannya kamu dan pasangan belum mampu.

2.Jangan Tergiur Harga Murah dan Bonus Lainnya
Meski membeli rumahnya itu dari pengembang ternama akan sedikit mahal, hal ini setara dengan dengan kualitas yang dijanjikan. Jadi, jangan tergiur dengan harga yang murah dan bonus lainnya dari para pengembang. Jangan lupa, sekarang ini sudah banyak perusahaan yang latah ikut-ikutan membuka bisnis perumahan karena keuntungan yang menggiurkan. Daripada ambil risiko, bukanlah lebih baik membayar dengan harga yang sedikit lebih mahal. hal ini yang setara dengan kualitas yang jauh lebih bagus.

3.Beli Rumah Uang Mencukupi
Anda harus bisa memperkirakan dengan pasti dana cash yang anda miliki bila mau beli tunai atau bila lewat sistem KPR bank, maka survey dulu bank mana yang menyetujui aplikasi pinjaman kpr anda. Bila dana sudah pasti maka anda sudah bisa menentukan kondisi rumah berdasarkan dana pasti yang di miliki misal rumah kampung, perumahan biasa atau cluster.

4.Pilih Notaris Terpercaya
Untuk melakukan transaksi dengan penjual gunakan notaris yang sudah biasa menangani proses jual beli rumah agar tidak terjadi penipuan dalam proses dokumen jual beli.

5.Periksa Kondisi Rumah
Sebelum Anda membeli rumah periksalah terlebih dulu kondisi rumah tersebut apakah kondisi ruangan seperti dinding,jendela, pintu, atap, lantai dan semuanya masih dala kondisi yang bagus atau tidak. Perhatikan juga lokasi sekitar rumah, pastikan lingkungan sekitar tidak banjir dan tidak dekat dengan lokasi yang tidak disukai oleh orang banyak.

6.Kroscek Kelengkapan Dokumen Rumah
Langkah ini harus segera Anda lakukan jika hendak membeli rumah, periksa secara teliti seluruh dokumen dan surat legalitas rumah tersebut yang meliputi sertifikat hak milik (SHM) atau hak guna bangunan (HGB), izin mendirikan bangunan serta pajak bumi dan bangunan (PBB).

7.Pilih Rumah Minimalis
Rumah minimalis kini sudah banyak diminati oleh masyarakat. Oleh karena itu, harga rumah meinimalis semakin melonjak tinggi. Membeli rumah ini tidak akan merugikan Anda dan justru akan membawa keuntungan karena harganya terus meningkat.

Kredibilitas pengembang sangat penting sekali, sebab dengan perusahaan inilah konsumen dapat melakukan ikatan hukum. Konsumen relaif lebih aman membeli rumah dari pengembang yang sudah go public. Mereka pada umumnya itu tidak terpengaruh regulasi perbankan, sebab memiliki banyak alternatif sumber dana, sehingga risiko keterlambatan pembangunan tidak terlalu besar.

Reputasi pengembang seperti sering mengecewakan konsumen dapat dilihat dari surat pembaca atau liputan media massa tentang kasus-kasus perumahan yang terjadi. Bisa juga dengan menggunakan cara ini yakni menghubungi Real Estat Indonesia (REI), Yayasan Lembaga Konsumen atau Lembaga Advokasi Konsumen Properti Indonesia.

Pastikan area tanah yang dibangun perumahaan itu telah terbit sertifikat induknya. Konsumen berhak menanyakan dan melihat sendiri sertifikat itu. apabila legalitas lokasi perumahan yang akan dibeli masih berupa izin lokasi, akan sangat berisiko tinggi. Oleh karena itu, tanyakan terlebih dulu salinan induk sertifikatnya. Pengembang yang baik tidak akan segan-segan menunjukannya sertifikat itu.

Konsumen juga dapat membuat sebuah perjanjian dengan pengembang terkait dengan ketepatan waktu serah terima dan kualitas bangunan sebelum melakukan booking fee. Misalnya, apabila pihak pengembang terlambat dalam menyerahkan surat perjanjian jual beli (SPJB) maka mereka akan terkena denda sebesar 1/1000 dari nilai bangunan rumah. Dan sebagai pengembang yang baik biasanya itu tidak akan merasa keberatan.

Itulah tips membeli rumah yang harus Anda pahami agar tidak terjadi penipuan terhadap Anda. Jangan sekali-kali percaya dengan orang yang belum Anda kenal terutama jika Anda sedang mencari rumah dijual, pastikan Anda tidak terkena tipu karena kerugian terhadap penipuan rumah ini sangat besar.

0 Response to "Tips Membeli Rumah Agar Tidak Tertipu"