Latest News

Tips Bisnis Sewa Properti Raih Keuntungan Besar

Tips Bisnis Sewa Properti – Bagi kita yang memiliki properti lebh dari satu merupakan sebuah peluang besar untuk dapat menjadikannya sebuah passive income yang memiliki nilai yang besar. Kita dapat menyewakan properti yang kita miliki untuk menjadi sumber pendapatan sebelum kita itu memutuskan untuk menjualnya. Akan tetapi, jika menyewakan properti juga bukan suatu hal yang mudah, ada beberapa pon yang harus terus kita perhatikan untuk mendapatkan harga yang cukup memuaskan dan tentu saja cepat mendapatkan penyewa.

Tips Bisnis Sewa Properti Raih Keuntungan Besar

Banyak tips bisnis sewa properti dengan meraih keuntungan yang cukup besar. Memang menyewakan properti tidak serumit menjual sebuah properti. Sebab, jika menyewakan properti relatif lebih mudah, akan tetapi bila tidak cermat dalam mengelolahnya meyewakan properti juga memiliki banyak risiko yang juga dapat merugikan. Dengan Anda memperhatikan beberapa hal berikut di bawah ini kita dapat terhindardari hal-hal yang tidak kita inginkan.

1.Siapkan Diri dan Tanggungjawab Kita
Menyewakan properti beda jauh dengan menjual properti. Menjual artinya mengalihkan semua tanggungjawab yang dimiliki kepada orang yang telah membelinya. Sedangkan, menyewa itu artinya kita masih tetap menjadi penanggung jawab penuh atas properti tersebut yang kita miliki. Sama halnya dengan pajak bangunan, kondisi bangunan dan hal fisik yang lainnya. sehingga, diperlukan untuk kesiapan dan penataan ata perencanaan finansial yang baik dan rasa tanggung jawab besar agar kita menjadi penyewa yang baik.

2.Perawatan Properti
Sebelum Anda memutuskan untuk melakukan penyewaan properti, alangkah baiknya untuk memperhatikan terlebih dulu kondisi fisik dari properti kita. Hal seringkali di lakukan oleh orang pada umumnya adalah memperbaiki kembali properti apabila sudah ada penyewa. Dengan alasan mereka akan mengambil anggaran sewa untuk melakukan perbaikan.

Hal seperti ini memang tidak salah akan tetapi juga sedikit kurang efektif, betapa kita wajib mengeluarkan banyak biaya untuk melakukan pembenahan sehingga dana yang kita terima nantinya tidak dapat maksimal kita gunakan untuk perencanaan kedepan. Namun, apabila kita melakukan perawatan secara berkala maka pembenahan properti yang akan kita sewakan pastinya akan relative lebih kecil.

3.Ketahui Nilai Sewa
Dengan kita mengetahui nilai sewa harga properti maka kita juga tidak akan mendapatkan harga yang rendah dan bahkan lebih rendah di bawah harga pasaran. Setiap daerah dan jenis properti memiliki pengaruh besar pada harga sewa. Oleh sebab itu, lakukanlah riset kecil-kecilan pada area tempat properti kita. Anda juga dapat mengetahui langsung harga sewa melalui laman internet yang banyak menyediakan berbagai informasi jual beli dan juga sewa. Atau mungkin saja bisa Anda dapatkan dengan berkonsultasi kepada teman atau rekan Anda yang lebih banyak mengetahui properti.

4.Jangka Waktu Sewa
Mengenai jangka waktu sewa menyewa itu sangat bervariasi. akan tetapi dalam hal yang lazim dilakukan untuk menyewakan properti adalah dengan menggunakan sewa per tahun. Apalagi khususnya untuk properti rumah tinggal, kita banyak menyewakannya dengan menggunakan sistem per tahun. Dengan menyewakan sistem per tahun akan sedikit menyulitkan kita jika sewaktu-waktu kita akan menaikkan harga sewa, sebab kita harus menunggu sampai pada tahun yang berikutnya. Selain itu juga banyak dari kita yang mengalami kegagalan dalam mengelola perencanaan finansial dari penghasilan properti apabila dibayarkan dalam setiap tahun.

Menyewakan dengan menggunakan sistem bulanan merupakan sistem sewa yang perlu Anda pertimbangkan kembali. Selain kita memiliki kemudahan dalam menaikkannya sewaktu-waktu karena suatu hal, kita juga dapat dengan mudahnya mengalokasikan dana pada tidal bulannya untuk melakukan perawatan, asuransi dan masih banyak hal lainnya.

5.Selektif Pada Calon Penyewa
Memberikan sewaan properti memiliki beberapa risiko besar, termasuk diantaranya itu adalah menerima penyewa. Kita harus pandai dalam mnyelektif calon penyewa, memang dalam hal ini agak sulit untuk melihat dan mengenal karakter seseorang tapi paling tidak kita itu tetap harus selektif dalam memilih penyewa dengan mengetahui pasti identitas dan tujuan dia menyewa properti kita.

Dengan kita mengetahui identitas dan memiliki data dengan jelas dan akurat adalah suatu tindakan pencegahan yang harus kita lakukan. Dalam hal ini guna menghindari penyewa yang ingin melakukan tindakan yang dapat melanggar hukum. Selain itu juga, kita dapat menjadi informan bagi petugas hukum apabila suatu saat diperlukan, di samping itu juga mengetahui dengan jelas penyewa juga dapat menghindari penyalahgunaan kepada hal-hal yang negatif.

6.Kontrak Perjanjian Jelas
Buatlah sebuah perjanjian kontrak dengan sejelas-jelasnya dan sudah melalui kesepakatan bersama, antara pemilik dan penyewa. Sehingga, kita dapat mencegah terjadinya kesalapahaman di kemudian hari. Pastikan penyewa pun memahami dan mengetahui tanggung jawab dan kewajibannya sebagai penyewa, begitu pun juga dengan kita.

7.Gunakan Uang Deposit
Untuk dapat menghindari dari kerusakan-kerusakan yang bisa saja terjadi diakibatkan karena kesalahan penyewa. Memberlakukan uang deposit adalah salah satu trik yang dapat dilakukan oleh kita sebagai pemilik. Karena kita nantinya akan mengambil dana deposit apabila telah terjadi kerusakan maka uang deposit akan kita kembalikan sepenuhnya kepada penyewa.

8.Selalu Mengganti Kunci
untuk alasan keamanan rumah, gantilah kunci setiap kali ganti penyewa. Hal ini guna menghindari penyalahgunaan dan mengurangi risiko tindak kejahatan yang bisa terjadi kapan saja. Oleh sebab itu, cobalah untuk mengganti seluruh kunci pada pintu depan, pagar, ataupun pintu pada ruang-ruang yang memiliki kunci. Terutama kunci yang memiliki akses keluar dan masuk tempat properti Anda.

9.Menghitung Biaa Properti
Lakukanlah perencanan finansial yang di dapat dari dana yang Anda terima. Hitung beban yang akan ditimbulkan pada setiapa tahunnya dan perawatan yang harus Anda lakukan secara berkala. Agar sebagai penyewa pun merasa diperhatikan dan puas menjadi seorang penyewa.

10.Asuransi
Terkadang sebagai pemilik properti seringkali melupakan pentingnya asuransi untuk sebuah properti. Hal ini sangat penting sekali untuk Anda lakukan. Mengingat bencana dan musibah tidak akan datang dengan pemberitahuan sebelumnya. sehingga, memutuhkan sebuah kesiapan mental dan materi yang tidak sedikit. Asuransikan properti yang Anda miliki agara berbagai risiko seperti terjadi kerusakan akibat kebakaran. Contohnya dapat kita antisipasi dan aset yang kita miliki pun dapat terjaga dengan baik, aman dan selamat.

Dengan begitu, apabila kita dapat mengelolanya dengan baik , menyewakan properti juga merupakan dari bisnis dan peluang yang dapat menguntungkan apabila kita kelola dengan baik dan benar. Selain aset yang kita miliki setiap waktunya bertambah nilainya, properti juga dapat mendatangkan keuntungan besar daru penyewa yang membutuhkan properti kita.

0 Response to "Tips Bisnis Sewa Properti Raih Keuntungan Besar"