Latest News

Tips Bangun Rumah Sendiri Bentuk Sederhana Kesan Mewah

Tips Bangun Rumah Sendiri – Sekarang ini sudah banyak dikembangkan perumahan siap huni. Meski demikian, tidak sedikit orang yang juga berkeinginan untuk membangun rumahnya sendiri. Dengan alasan yang berbeda-beda, akan tetapi alasan terbanyak yang digunakan ialah mereka hanya ingin mendesain sendiri rumah tersebut sesuai dengan kebutuhan dan keinginan diri. Namun, dalam membangun rumah sendiri itu bukanlah sebuah hal yang mudah dan murah. Belum lagi mengingat kebutuhan pokok yang harus selalu dipenuhi. Sedangkan, harganya yang cenderung selalu naik. Dan bahkan, banyak diantara mereka yang pada akhirnya terjebak, di mana pada awalnya itu ingin irit justru malah menjerit sebab biaya pembangunan rumah sendiri ternyata lebih besar dari dana yang tersedia. Tidak hanya soal biaya saja, dalam membangun rumah sendiri juga membutuhkan waktu yang cukup lama. Jadi, mau tidak mau memang sudah harus sabar untuk dapat segera menempati rumah idaman.

Tips Bangun Rumah Sendiri Bentuk Sederhana Kesan Mewah

Sebaiknya, sebelum membangun rumah sendiri Anda juga harus tahu bagaimana tips bangun rumah sendiri. Keinginan dalam membangun rumah sendiri memang seringkali dihadapkan pada kendala dana. Telah diakui bahwa melakukan pembanguan rumah itu membutuhkan dana yang cukup besar. Namun, bukan berarti miliki rumah yang bagus harus selalu mahal.

Jika saja Anda mengetahui tips bangun rumah sediri dengan baik, makan membangun rumah yang bagus berkualitas dengan biaya murah pun dapat diwujudkan. Berikut ini 8 cara membangun rumah sendiri dengan biaya yang murah.

1.Buat Rencana Bangun Rumah
Sebagai langkah awal, sebelumnya Anda dapat dapat merencanakan pembangunan rumah Anda terlebih dulu, mulai dari dana, ukuran bangunan, hingga target pembangunan. Di mana pada rencana ini nantinya akan berfungsi sebagai pengendali kemungkinan terjadinya suatu penyimpangan selama dala proses pembangunan berlangsung. Jika implementasi pembangunan rumah yang dibuat melenceng dari yang direncanakan, tentunya akan berimbas pada biaya ekstra yang harus dikeluarkan. Misalnya saja seperti ini, ngaretnya waktu pembangunan sudah pasti akan menambah biaya tukang yang tidak murah bayarannya. Oleh sebab itu, pilihlah tukang atau pemborong yang professional dan benar benar-benar ahli dalam bidangnya, sehingga mampu mengerjakan pembangunan rumah sesuai dengan apa yang telah direncanakan sebelumnya.

2.Gunakan Desain Tipe Minimalis
Sekarang ini rumah dengan desain tipe minimalis tengah menjadi tren, baik untuk pembangunan perumahan rakyat maupun pembangunan rumah sendiri. Dimana dalam desain rumah ini dinilai lebih efisien ketika penggunaan bahan bangunan. Namun, tetap memiliki kesan yang modern dan mewah. Sesuai dengan desainnya yang minimalis, rumah bertipe ini pastinya akan hemat ruang sehingga tidak banyak mengahabiskan bahan bangunan. Agar dapat memperoleh desain rumah tipe minimalis, Anda sudah tidak perlu lagi mengeluarkan dana guna untuk menyewa jasa seorang arsitek, sebab dengan Anda membrowsing langsung di internet sudah dapat memperoleh desain rumah yang diinginkan secara gratis tanpa keluarkan biaya.

3.Tentukan Bentuk Bangunan Rumah
Bentuk bangunan akan berpengaruh pada tingkat kesulitan dalam pembangunan dan kebutuhan bahan bangunan. Pada umumnya, untuk membentuk beberapa sudut atau lengkungan akan dapat menyisakan banyak material bangunan yang pada akhirnya tidak akan terpakai, lain halnya dengan rumah yang berbentuk persegi atau persegi panjang. Selain itu, bangunan yang berbentuk sudut atau lengkung juga memiliki tingkat kesulitan yang lebih tinggi sehingga berisiko pada bentuk bangunan yang nantinya kurang sempurna. Akhirnya, perlu adanya perombakan yang tentu saja membutuhkan lebih banyak waktu dan biaya yang ekstra.

4.Lakukan Riset Harga Bahan Bangunan
Harga bahan bangunan rumah yang terus terjadi kenaikan menjadi salah satu faktor yang harus dipertimbangkan secara matang. Tidak sedikit orang yang pada akhirnya menunda pembangunan rumahnya sebab harga bahan bangunan yang tidak ramah kantong. Nah, karena itu agar kenutuhan dana untuk keperluan bahan bangunan dapat diperkirakan, maka lakukanlah riset mengenai tentang harganya. Jadi Anda tidak perlu ragu dan malu untuk keluar masuk berbagai toko bangunan guna menanyakan harga material yang nantinya akan dibutuhakan, mulai dari pasir, batu bata, semen dan bahan bangunan lainnya. Penting sekali untuk dapat membandingkan harga tersebut sebab pada setiap toko tidak selalu menjual dengan harga yang sama. Dengan demikian Anda dapat memilih bahan bangunan yang berkualitas dengan harga yang ekonomis.

5.Selektif Pilih Tukang
Bangun rumah sendiri bukan berarti Anda juga harus mendirikan rumah sendiri. Akan tetapi juga membutuhkan jasa juru bangunan atau biasa dikenal dengan sebutan tukang sebagai pelaksana pembangunan. Merekalah yang nantinya akan meracik semua bangunan dan memberikan sajian hasil akhirnya yang berupa bangunan rumah yang bagus berkualitas. Mengingat bahwa betapa pentingnya peran dari tukang ini. Jadi tidak heran, jika biaya untuk membayar jasanya itu menyita bagian yang cukup besar dalam anggaran yang telah disiapkan. Oleh sebab itu, Anda juga harus selektif dalam memilih tukang yang professional.  Pilihlah tukang yang benar-benar ahli dalam bidangnya tersebut dan memiliki reputasi kerja yang cukup baik. Hal ini sangat penting sekali, sebab baik atau tidaknya kinerja tukang akan dapat mempengaruhi efisiensi proses pembangunan rumah.

6.Mulai Bangun Secara Bertahap
Pada dasarnya untuk bia membangun rumah sendiri itu tidak harus menunggu lama hingga dana mencukupi keseluruhan bagian dari pembangunan rumah. Anda dapat memulainya dengan cara bertahap. Misalya saja, mulai dari pembuatan fondasi, pendirian bangunan hingga pada pemasangan atap pun dilakukan dan disesuaikan dengan budget yang dimiliki. Memang dalam hal ini dapat memakan waktu lebih lama, tatapi dalam hal tersebut juga dapat memberikan kesempatan bagi Anda agar lebih fokus pada tiap tahapanya, serta dana yang dikeluarkan nantinya pun akan dapat lebih teratur dan mudah dipantau.

7.Gunakan Bahan Lokal
Menggunakan bahan bangunan berkualitas tidak harus biaya mahal atau pun produksi luar negeri. Agar dapat menghemat biaya selama pembangunan rumah, Anda dapat menggunakan bahan bangunan lokal seperti bamboo, kayu dan berbagai bahan lainnya. selain mudah ditemukan, jenis bahan bangunan yang seperti itu juga relatif murah.

8.Buat ruangan multifungsi
Rumah yang memiliki banyak ruangan cenderung memakan biaya yang lebih mahal. Sebab membutuhkan bahan bangunan yang tidak sedikit. Untuk dapat menghematnya, buatlah ruangan yang multifungsi. Misalnya saja ruang tamu yang sekaligus juga berfungsi sebagai ruang keluarga atau dapur yang di satupadukan dengan ruang makan. cara ini sesuai dengan desain rumah tipe minimalis yang tidak butuh banyak ruangan.

Jadi, tidak perlu lagi merasa risau. Anda ingin membangun rumah sendiri dengan dana yang terbatas dapat segera terlaksana. Sekarang ini, Anda dapat mewujudkan impin Anda selama ini yakni membangun rumah idaman untuk keluarga kecil Anda meski hanya bentuk yang sederhana, namun tetap memberikan kesan modern dan megah. Bagaimana pun desainnya dan berapa pun ukurannya, asalkan Anda dan keluarga dapat merasakan kenyamanan tinggal di dalamnya dan pastinya lebih membahagiakan.

0 Response to "Tips Bangun Rumah Sendiri Bentuk Sederhana Kesan Mewah"